Beberapa Efek Kurang Bagus Bagi Yang Suka Makanan [Terlalu] Asin-Asin

garam

[NyuusNews.com] Orang bijak mengatakan,”Apapun itu,yang berlebihan itu tidak baik”

Tak terkecuali tentang cita rasa makanan yang akan di bahas di sini,yakni rasa asin.

Tubuh manusia memang memerlukan kandungan garam,terutama garam ber Yodium dalam ambang batas normal yakni tak lebih dari 1 gram untuk orang dewasa , dan untuk anak-anak tentu lebih sedikit lagi.

Cita rasa asin dan gurih memang di sukai oleh manusia,namun kadar garam yang terlalu tinggi atau dengan kata lain makanan yang terlalu asin,akan mempunyai efek kurang bagus bagi kesehatan tubuh manusia.

Tak di pungkiri,sebagian dari kita tentu mempunyai selera makan yang begitu menikmati makanan yang asin-asin,seperti telor asin,ikan asin dan atau asin-asin yang lain yang terkadang kadar asinnya berlebihan dan seakan membuat lidah seperti kaku.

Ada baiknya jika kita mengetahui beberapa efek buruk makanan yang terlalu asin bagi kesehatan tubuh manusia.

Apa saja efek buruk makanan yang terlalu asin bagi tubuh..?

mari kita mulai

telur asin

1. Meningkatkan Resiko Tekanan Darah Tinggi

Garam yang memiliki rasa asin juga bisa meningkatkan tekanan darah.

Tekanan darah merupakan jumlah tekanan yang diukur ketika pembuluh darah memompa darah ke semua bagian tubuh. Asin akan merangsang tekanan darah naik dengan cepat. Bahkan resikonya akan menjadi lebih besar jika penderita tidak melakukan olahraga secara teratur, menderita gangguan stroke dan berat badan yang berlebihan. Ketika tekanan darah sudah mulai menunjukkan angka 140 / 90 mmHg maka kondisinya bisa akan terus naik. Jika sudah seperti ini maka sebaiknya kurangi konsumsi makanan asin.

2. Resiko Stroke

Stroke adalah sebuah kondisi yang berbahaya ketika terjadi berhentinya proses pasokan darah ke dalam otak. Kemudian kondisi ini akan menyebabkan oksigen tidak bisa mengalir ke otak dan menyebabkan sel-sel dalam otak mati.

Stroke bisa terjadi ketika ada pembuluh darah yang mengalami penymbatan sehingga darah berhenti mengalir ke otak dan pecahnya pembuluh darah dalam otak yang menyebabkan pendarahan.

Intinya, Makanan yang asin menempatkan resiko tekanan darah tinggi yang bisa memicu serangan stroke.

3. Resiko Kanker Perut

Penyebabnya sebenarnya ketika garam masuk ke dalam usus dan lambung maka menyebabkan pertumbuhan bakteri H.pylori juga akan semakin tinggi. Ini adalah jenis bakteri yang menyebabkan peradangan pada lambung dan kanker perut. Penumpukan garam di dalam usus juga menyebabkan pertumbuhan bakteri dan kerusakan sel di dalam perut.

4. Serangan Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner adalah sebuah kondisi ketika pasokan darah di dalam jantung berhenti akibat tersumbat sehingga menyebabkan jantung tidak bisa memompa darah ke semua bagian tubuh.

5. Obesitas [ Kegemukan ]

Makanan yang asin biasanya akan membuat Anda memiliki nafsu makan yang tinggi. Selain itu, makanan asin akan membuat rasa haus sehingga, membuat Anda minum cairan yang lebih banyak.

Jika Anda minum air mineral maka akan mengurangi resiko namun jika, minum teh manis atau semua minuman manis maka bisa menyebabkan bahaya obesitas.

6. Osteoporosis [ Tulang Keropos ]

Osteoporosis adalah kondisi pengeroposan tulang yang paling sering terjadi pada wanita yang sudah mengalami menopause. Makanan yang asin akan menyebabkan tubuh tidak bisa menyerap makanan yang mengandung kalsium dengan baik. Sementara kalsium dibutuhkan untuk menjaga sistem kepadatan tulang. Sementara makanan asin yang sudah menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi juga,bisa membuat kalsium dalam tubuh tidak terserap dengan baik. Karena itu mulai sekarang kendalikan kebiasaan mengkonsumsi makanan asin, terutama untuk wanita.

7. Penyakit Ginjal

Konsumsi makanan yang asin bisa menyebabkan ginjal bekerja keras untuk mengeluarkan semua kalsium dalam tubuh. Ginjal akan menyaring kalsium dan semua zat asing untuk dikeluarkan menjadi urin. Jika terlalu banyak makan asin maka akan menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras sehingga membuat kondisi kesehatan ginjal sangat rentan. Ginjal akan bekerja sangat keras untuk menyaring semua zat asing ini termasuk garam.

8.Kelebihan Air dalam Tubuh

Orang yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan yang asin bisa menyebabkan tubuh kelebihan jumlah cairan. Ketika makan asin maka akan terasa sangat haus dan bahkan rasa haus tidak akan segera hilang. Namun masalah lain terjadi ketika banyak garam dalam tubuh, maka tubuh akan berusaha untuk mempertahankan air yang sudah masuk. Kondisi ini yang sering menjadi penyebab perut kembung, gagal jantung, dan kerusakan hati.

9. Demensia (Kehilangan Memori)

Penyaki demensia umumnya dialami oleh orang lanjut usia karena gangguan sistem memori dalam otak. Demensia akan memiliki pengaruh yang sangat besar karena membuat penderita kehilangan memori, tidak bisa berpikir dengan baik, kehilangan kemampuan berbahasa, tingkah laku dan kondisi yang terus memburuk. Terlalu banyak makan asin maka bisa menyebabkan resiko peningkatkan tekanan darah. Ketika tekanan darah terus tinggi maka bisa membuat gangguan penyakit lain yang menyebabkan demensia seperti stroke.

10. Diabetes

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang asin bisa menyebabkan diabetes. Hal ini terjadi ketika garam yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan pengaruh yang besar untuk sistem tekanan darah. Selain itu, kebiasaan minum manis setelah makan asin juga bisa menyebabkan resiko diabetes. Kadar gula darah yang tinggi akibat kurangnya kadar insulin atau melemahnya pankreas dalam menghasilkan insulin akan menyebabkan diabetes semakin memburuk.

11. Resiko Asma

Konsumsi makanan yang tinggi garam akan menyebabkan resiko asma terutama untuk anak-anak yang berumur dibawah 12 tahun. Kondisi ini terjadi ketika makanan yang asin juga menyebabkan reaksi alergi yang membuat penderita mengalami penyebab sesak nafas. Karena itu makanan asin untuk anak-anak sebaiknya harus segera dikurangi.

12. Resiko Penyakit Ménière

Orang yang terbiasa mengkonsumsi makanan yang asin juga bisa menerima resiko penyakit Ménière. Penyakit ini ditandai dengan kerusakan pada bagian telinga yang diawali dengan gejala mual, muntah, kurang pendengaran dan tidak nafsu makan. Ketika makan terlalu asin maka bisa menyebabkan tubuh membutuhkan air yang berlebihan. Kemudian kerusakan akan lebih parah karena terjadi penumpukan air yang berlebihan di dalam tubuh. Jadi kondisi ini bisa menyebabkan bahaya.

sumber : halosehat.com

Iklan

3 thoughts on “Beberapa Efek Kurang Bagus Bagi Yang Suka Makanan [Terlalu] Asin-Asin”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s